welcome to my blog...
semoga bermanfaat :)

Kamis, 08 Maret 2012

Energi Terbarukan

Gas Alam Terkompresi

Pada artikel pertama, telah dijelaskan lima jenis energi terbarukan alam yang dapat digunakan sebagai energi alternatif. Berikut ini akan dipaparkan lima energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan:
1. Energi Radiasi
Menurut fisika, radiasi merupakan proses yang menggambarkan energi bergerak melalui media atau ruang yang akhirnya akan diserap benda lain. Proses radiasi ionisasi sering dihubungkan dengan proses radiasi. Beberapa proses seperti senjata nuklir, reaktor nuklir, dan zat radioaktif merupakan contoh proses ionisasi.
Energi radiasi sering dimanfaatkan dalam beberapa bidang seperti kedokteran (diagnosis, pengobatan, penelitian, dan sinar X), komunikasi (radiasi elektromagnetik), dan iptek.
2. Energi Panas Bumi
Energi panas yang tersimpan dalam batuan di bawah permukaan bumi dan fluida yang terkandung di dalamnya disebut energi panas bumi. Sejak 1913, Itali  telah memanfaatkan energi panas bumi untuk pembangkit tenaga listrik. Kini energi panas bumi sebagai pembangkit listrik telah dimanfaatkan di 24 negara, termasuk Indonesia.
Daya panas bumi diekstrak melalui proses alami ke salah satu unit pembangkit listrik tenaga panas bumi. Energi ini unggul karena biaya yang digunakan efektif, handal, dan ramah lingkungan.
3. Biomassa
Umumnya biomassa merupakan bagian materi tumbuhan yang digunakan untuk produksi serat, bahan kimia, atau panas. Dalam industri produksi energi, biomassa merujuk pada materi biologi, hidup atau mati yang mampu dimanfaatkan sebagai bahan bakar atau  untuk produksi industri.
Biasanya bahan berserat ini diukur dengan berat kering 0,5 %. Sebagai informasi, pasokan listrik di Amerika Serikat berasal dari pembangkit listrik biomassa. Biomassa merupakan sumber energi alternatif  berasal dari tumbuhan yang ramah lingkungan.
4. Gas Alam Terkompresi (CNG)
Gas alam bertekanan atau Compressed Natural Gas (CNG)  dikenal sebagai bahan bakar gas. Bahan bakar ini tak menghasilkan polusi yang besar kerena menghasilkan gas emisi yang ramah lingkungan. CNG diproses dari metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam.
Mesin otto dan diesel dapat menggunakan CNG. CNG tak bisa disamakan dengan LNG dan LPG, CNG merupakan gas terkompresi sedangkan LNG adalah gas cair. Lain halnya dengan LPG, gas ini merupakan campuran terkompresi dari propana dan butana.
5. Daya Nuklir
Energi yang dihasilkan sumber energi alternatif ini  sangat besar. Reaksi nuklir berhubungan dengan daya nuklir. Energi yang dihasilkan dapat digunakan untuk pembangkitan panas, populasi, dan pembangkit listrik.
Kelima sumber energi di atas merupakan energi alam terbarukan yang ramah lingkungan. Energi-energi tersebut berpotensi jika mampu dimanfaatkan secara maksimal.

Sumber : http://matoa.org/energi-terbarukan-bagian-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar